Kamis, 27 Juni 2013

Proposal magang UMKM Morsen Spesial Lele Asap

PROPOSAL MAGANG
PENDAMPINGAN PADA UMKM MORSEN SPESIAL LELE ASAP






Oleh :

Nama
No Mahasiswa
Wijimad Asori
20100410061


PROGRAM STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI UMY
2013
PROPOSAL MAGANG
PENDAMPINGAN PADA UMKM MORSEN SPESIAL LELE ASAP






Disusun oleh :
WIJIMAD ASORI
20100410061







Telah disetujui oleh :
Pembimbing


Rita Kusumawati, SE., M.Si                           Yogyakarta, Tanggal 25 Juni 2013
NIP 143 059
      A.    Pendahuluan
Keberhasilan suatu perusahaan tidak terlepas dari kebijakan strategi dalam memasarkan produknya kepada konsumen. Dalam hal ini keunggulan dalam bersaing sangat diperlukan bagi suatu perusahaan untuk terus dapat bertahan hidup (survive).
Saat ini situasi bisnis mencerminkan iklim dunia usaha yang berkembang dan dinamis. Berbagai cara serta strategi telah dilakukan guna menghadapi tantangan persaingan yang dikembangkan oleh manajer pemasaran sebagai ujung tombak perusahaan dalam menghadapi persaingan dalam bidang pemasaran sekarang ini. Setiap perusahaan yang bersaing dalam suatu industri mempunyai strategi bersaing secara eksplisit atau implisit. Strategi-strategi ini memungkinkan untuk dikembangkan melalui proses perencanaan kegiatan-kegiatan dari berbagai departeman fungsional suatu perusahaan.  Meningkatnya perhatian kepada perencanaan strategis formal telah membangkitkan pertanyaan-pertanyaan yang menjadi pemikiran manajer, apa yang mendorong persaingan dalam industri, apa tindakan-tindakan yang perlu diambil oleh pesaing dan bagaimana cara terbaik untuk menjawabnya.
Pemasaran dalam suatu perusahaan merupakan salah satu faktor yang penting guna memberikan kontribusi bagi perusahaan yang berorientasi pada profit, sebab kegagalan dalam memasarkan barang akan berakibat fatal, keuntungan yang diharapkan tidak akan tercapai. Hal ini mengakibatkan perusahaan akan terancam mengalami kebangkrutan. Oleh karena itu untuk menghindari terjadinya kebangkrutan maka, dalam memasarkan sebuah produk perusahaan perlu mencermati bauran pemasaran (marketing mix) yaitu produk, harga, promosi dan distribusi. Keempat unsur tersebut saling berhubungan erat antara satu dengan lainnya. Sehingga manajemen tidak boleh hanya menekankan pada salah satu unsur saja apabila ingin meningkatkan volume penjualan. Kotler dan Armstrong (2000) mendefinisikan bahwa bauran pemasaran adalah kelompok kiat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya dalam pasar sasaran.
Untuk itu dalam aktivitas magang ini, kami selaku mahasiswa akan berusaha untuk mempelajari, meneliti,memahami serta mengevaluasi bauran pemasaran (marketing mix)  yang telah diterapkan oleh rumah makan Morsen (Moro Seneng) yang beralamatkan di Jl. Ring Road Selatan No 123 Gamping Kidol, Ambarketawang, Gamping, Sleman.
   B.     Analisis SWOT
1.      Strength
a)      Aneka macam olahan makanan dengan berbagai rasa yang berbahan dasar lele serta bahan baku yang melimpah.
b)      Kondisi ruangan makan yang luas dan nyaman.
c)      Penerapan wifi pada lokasi rumah makan.
2.      Weakness
a)      Pengelolaan sistem manajemen yang kurang maksimal.
b)      Penerapan bauran pemasaran yang tidak ideal.
c)      Kondisi rumah makan yang kurang menarik bila dilihat dari depan.
3.      Opportunity
a)      Memiliki pangsa pasar yang jelas.
b)      Berada pada kawasan konsumen potensial (Mahasiswa).
c)      Aksesibilitas yang tinggi.



4.      Threat
a)      Menjamurnya berbagai macam bisnis dengan olahan makanan yang sama.
b)      Persepsi dari konsumen bahwa menu yang ditawarkan oleh Morsen mahal.
c)      Kenaikanharga BBM berdampak pada semakin tingginya biaya variabel.
      C.     Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan yaitu:
Bagaimana kegiatan promosi yang di lakukan oleh rumah makan Morsen dengan produk unggulannya berupa berbagai makanan dengan berbahan dasar lele ?
      D.    Pemilihan Program dan alasannya
Untuk meningkatkan intensitas penjualan maka kegiatan berbagai promosi yang harus di lakukan oleh pihak Rumah Makan Morsen adalah sebagai berikut:
a)      Melakukan berbagai macam bauran promosi (promotion mix) yaitu: advertising seperti, pembuatan brosur, spanduk.
b)      Promosi melalui berbagai stasiun radio.
c)      Memberikan diskon dan lain-lain.

      E.     Rencana Kegiatan dan skedul
Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, kami merencanakan untuk melaksanakan kegiatan magang di UMKM rumah makan Morsen (Moro Seneng) yang beralamatkan di Jl. Ring Road Selatan No 123 Gamping Kidul, Ambarketawang, Gamping, Sleman. Dengan 60 hari kerja dan waktu ini disesuaikan dengan jam UMKM terkait.
Adapun skedul yang akan kami laksanakan yaitu:
No
Rencana Kegiatan
Minggu Ke-
1
2
3
4
5
6
7
8
1
Identifikasi Masalah








Penyebaran Kuisioner Kepada Konsumen








Menganalisis Dan Mencari Solusi Masalah








2
Promosi








a. Menyebarkan brosur di lingkungan UMY








b. Menyebarkan pamflet di tempat-tempat
    strategis








c. Pemasangan spanduk dll








3
Evaluasi








Laporan akhir









       F.      Output yang dihasilkan:
1.      Output Mingguan
a)      Minggu ke 1
Mampu memprediksi atau menganalisa berbagai masalah yang dihadapi UMKM terkait baik internal maupun eksternal.
b)      Minggu ke 2
Untuk mendukung dalam memprediksi berbagai masalah yang dihadapi UMKM maka penyebaran kuisioner menjadi suatu keharusan dengan harapan mencari keluhan dari para konsumen.
c)      Minggu ke 3
Penentuan solusi yang dirasa paling efektif dan efisien.
d)     Minggu ke 4, 5, 6 dan 7
Melakukan berbagai promosi yang telah ditetapkan dengan harapan meningkatkan intensitas penjualan.
e)      Minggu ke 8
Mampu melakukan evaluasi terhadap berbagai bentuk kegiatan promosi.
2.      Output Mid Program
a)      Mampu mengevaluasi dan memberikan solusi atas berbagai kegiatan yang telah dilakukan.
b)      Dari berbagai kegiatan promosi diharapkan dapat menarik minat para konsumen.
3.      Output Akhir Program
Mampu meningkatkan intensitas penjualan sehingga dapat menjaga kelangsungan hidup perusahaan.


Daftar Pustaka
Kotler Philip dan Armstrong, (terjemahan Alexander Sindoro), 2000, Dasar-dasar     Pemasaran, Prenhallindo, Jakarta.


0 komentar:

Posting Komentar