Kamis, 27 Juni 2013

Proposal Magang Bank BPD Syariah

     A.    Latar Belakang
Perbankan merupakan salah satu sektor ekonomi di Indonesia yang sedang tumbuh dengan pesat. Perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan ini memiliki peran yang sangat vital dalam menunjang perekonomian rakyat. Baik perseorangan maupun kelompok atau badan usaha tidak pernah lepas dari penggunaan jasa perbankan. Berbagai fasilitas yang disediakan seperti pembiayaan dan simpanan sangat membantu masyarakat demi kelancaran dan keamanan transaksi keuangannya. Sebagai contoh bank syariah saat ini sudah menjadi fasilitas perbankan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat muslim di Indonesia. Prinsip dasar yang digunakan adalah berdasarkan syariat Islam dengan berpedoman pada qur’an dan hadist. Menjadi pilihan yang tepat untuk transaksi – transaksi muammalah yang diharapakan umat muslim. Pada dasarnya bank syariah sama seperti bank umum lainnya, yaitu menerima dana dalam bentuk deposito / tabungan dan kemudian menginvetasikan dana tersebut dalam bentuk pinjaman atau investasi lainnya. Perbedaannya adalah bank Islam beroperasi tidak atas dasar bunga tetapi atas dasar pembagian (sharing) keuntungan.
Layanan perbankan syariah ini telah diterapkan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dalam kegiatan operasionalnya. Tepatnya pada proses administrasi dan pembayaran SPP dan lainnya. Salah satu bank syariah yang telah membuka kantor kas di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah Bank BPD Syariah. Sebagai bank syariah yang belum lama bergabung dengan UMY dibandingkan dengan bank – bank lainnya, pengenalan produk dan layanan yang diberikan menjadi proses yang terpenting. Walaupun secara umum tidak ada perbedaan dari prinsip yang digunakan tetapi nasabah membutuhkan kenyamanan dan kefektifan dalam melakukan transaksi.
Bank BPD Syariah UMY merupakan satu dari beberapa bank yang memberikan layanan bagi para warga UMY untuk memudahakan proses pembayaran, pembiayaan dan transaksi lainnya yang sesuai dengan prinsip syariah. Masalah yang dihadapai Bank BPD Syariah sebagai bank yang baru bergabung di UMY adalah “strategi apa yang digunakan agar mahasiswa UMY bisa melakukan transaksi pembayaran denga fasilitas pelayanan yang diberikan Bank BPD Syariah?”. Kurangnya sumber daya manusia menjadi salah satu kendala lain dari proses operasional dalam memperkenalkan produk dan pelayanan yang diberikan Bank BPD Syariah. Tujuan dari program magang ini menjadi tugas penulis untuk memberikan masukan positif dan pemecahan masalah yang dihadapi oleh Bank BPD Syariah UMY.
      B.     Identifikasi Masalah
Adapun permasalahan yang akan penulis angkat yaitu:
Kurangnya minat masyarakat maupun mahasiswa UMY untuk menggunakan Bank BPD Syariah Kas UMY sebagai sarana transaksi pembayaran SPP, registrasi, simpanan dan lainnya.

      C.     Pemilihan Program Dan Alasan
Program ini dipilih dengan pertimbangan bahwa sebagian besar nasabah dan sasara ndari produk dan layanan Bank BPD Syariah kantor kas UMY adalah mahasiswa dan masyarakat yang merupakan karyawan UMY. Dengan memanfaatkan jasa Bank BPD Syariah sebagai sarana untuk melakukan pembayaran SPP, registrasi, dan simpanan, maka sangat penting bagi Bank BPD Syariah UMY untuk memberikan pelayanan yang maksimal sehingga memudahkan masyarakat maupun mahasiswa UMY dalam melekukan berbagai transaksi. 
     D.    Rencana Kegiatan Dan Skedul
Adapunn rencana dan skedul kegiatan program magang adalah sebagai berikut:
No
Rencana Kegiatan
Minggu Ke-
1
2
3
4
5
6
7
1
Pengenalan terhadap instansi terkait







2
Pelaksanaan program magang







Sosialisasi kepada masyarakat maupun mahaiswa







Melakukan penyebaran brosur







3
Evaluasi







Laporan akhir








         E.     Output Yang Dihasilkan
1.      Output Mingguan
Sesuai dengan permasalahan yang dihadapai Bank BPD Syariah yaitu kurangnya minat dari masyarakat maupun mahasiswa UMY untuk menggunakan fasilitas layanan yang diberikan Bank BPD Syariah. Melalui program magang dan penempatan penulis pada Bank tersebut, penulis akan promosi dan mensosialisasikan secara langsung dengan memberikan brosur untuk memperkenalkan fasilitas dan pelayanan yang diberikan oleh Bank BPD Syariah. Sehingga mampu menarik minat masyarakat maupun mahasiswa UMY untuk menggunakan fasilitas dan layanan Bank BPD Syariah tersebut.
2.      Output Mid Program
a.       Mahasiswa memahami prosedur pembyaran kuliah yang difasilitasi oleh Bank BPD Syariah kantor kas UMY.
b.      Adanya peningkatan dari minat mahasiswa dan warga UMY untuk menggunakan layanan perbankan yang diberikan Bank BPD Syariah kantor kas UMY.
3.      Output Akhir Program
a.       Adanya peningkatan pelayanan bagi mahasiswa dan warga UMY baik nasabah maupun non nasabah.
b.      Bertambahnya nasabah baru baik nasabah simpanan maupun pembiayaan.
c.       Adanya evaluasi dari setiap pelayanan yang diberikan kepada mahasiswa dan nasabah dengan tujuan memberikan rasa nyaman dan puas atas layanan yang diberikan oleh pihak bank.
Daftar Pustaka
Non buku:
              http://www.bpddiy.co.id
              http://mensianayuditu.blogspot.com.
              http://www.sarjanaku.com






0 komentar:

Posting Komentar